Selasa, 16 Januari 2018

Gembira Loka dan Pinguin

Saat-saat terakhir di Jogja kaya gini, yang well, sebenarnya sudah beberapa waktu lalu direncanakan, tetapi karena belum ada kepastian pada akhirnya menjadikan diri shantay-shantay manjah (?) hahaha dan, ketika tiba saatnya, kemudian menyadari bahwa masih sangat banyak yang belum dilakukan dan dikunjungi (dieksplor). Walaupun pada dasarnya, nggak cupu-cupu amat karena di Geografi kami sering diajak main ke tempat yang keren :D (yuk masuk Geografi wkwk #malahpromosi).


Ini Peta Gembira Loka Zoo, jadi kita bisa menentukan arah tujuan mengarungi kehidupan #eh
Singkat cerita, beberapa hari terakhir digunakan semaksimal untuk selain packing, juga pamit dan mengeksplor (?) tempat di Kota Sejuta Kenangan ini, heu. Dan terencanakanlah (?) main ke Gembira Loka, sebuah tempat wisata mini taman safari alias kebun binatang yang menurut brosur yang saya peroleh sewaktu membayar tiket, Gembira Loka ini ada karena waktu itu Sultan ingin mengembangkan “Kebon Rojo” atau tempat memelihara satwa raja menjadi tempat publik, kalau tidak salah baca, ada peran Belanda juga (?) *btw brosur dan petanya dibawa Nana jadi saya gabisa merujuk lagi hehe.

Gembira Loka, yang kemudian disingkat jadi GLZ alias Gembira Loka Zoo, ini terletak di lokasi yang cukup strategis, termasuk dalam kawasan Kota Yogyakarta, tapi sangat asri lingkungannya *iyalah ya, kebun binatang hehe. Tapi emang adem sih, walaupun kalau dibandingin sama Jatim Park 2 yang Zoo juga ga sebanding, *haha iya ini mah ga apple to apple siiih wkwk, tapi well recommend juga buat yang ke Batu dan sekitarnya #malah.
Foto ala-ala yang ngantrinya lama bbgit :D
GLZ tepatnya terletak di Desa Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta. Dari jalan utama Jogja-Solo, ada jalan layang namanya daerah Janti, pengunjung silakan mengambil arah ke selatan alias masuk ringroad timur (bisa lewat atas jembatan atau lewat bawah), kemudian pada perempatan pertama mengambil arah kanan (arah JEC), kalau tidak salah ada juga plang petunjuknya. Setelah itu ikutin jalan, dan di perempatan berikutnya ambil kanan lagi. Sampai deh, GLZ ada di sebelah kiri jalan :) Ohiya GLZ ini buka setiap hari dari pukul 07.30 – 17.30 dengan biaya retribusi Rp 25.000 di weekdays dan Rp 30.000 di weekend dan hari libur untuk usia 3 tahun ke atas.

Ohiya, kemarin saya kesana pas hari Ahad atau Minggu, jadi agak rame, heu, tapi cukup terkondisikan siih (dan alhamdulillah pengunjung lumayan sadar kebersihan).. Awalnya saya bilang ke Nana (saya kesini berdua sama Nana), kayanya enak kesini pas weekdays karena sepi tapi kata dia kalo weekdays ada beberapa hewan yang “disimpan” hehe. Jadi ada beberapa hewan (mostly burung siih) yang semacam dipajang (?) dan bisa buat foto bareng gitu sama pengunjung, yang kalau nggak hari libur sometimes nggak ada. 


Tapiii, tetep worth it sih karena ada banyaaaak banget hewan lainnya, mulai dari burung, musang, harimau, (sayangnya ga ada singaku sayang T.T), gajah, berbagai burung, elang :3, pinguiiin (nanti saya ceritain sendiri wkwk), rusa, beruang, sampai unta. Selain berbagai macam hewan, di GLZ juga ada beberapa wahana, dari naik sepeda (ini saya ga nemu siih hahaha tapi sempat liat dan dibilangin temen juga), kereta yang mengelilingi area GLZ, ada ATV untuk anak-anak, taman labirin, sampai bebek-bebekan (?) wkwk semacam wahana di air gitu, speed boat, sampai gethek wkwk. Seru pokoknya mah, sayang kemarin saya kurang fit, jadi jalan dikit udah pusing dan ngos-ngosan hahaha, tapi ga ada waktu lagi kalau mau nunggu badan fit wkwk. 


Si ganteng Pinguin Jackass yang kufoto sambil heboh sendiri wkwk
Ohiyaaa sebenarnya lebih seru lagi ke GLZ atau ke kebun binatang lain gitu bawa anak keciiil hehee karena sekalian mengenalkan mereka hewan-hewan ciptaan Allah yang luar biasa cem-macemnya masyaaAllah :”) pas ngeliat anak kecil lucu gitu kan sama orangtuanya, saya langsung inget sepupu yang masih TK sama bayik, terus bilang ke Nana, “aku pengen ngajakin sepupuku kesini deh”, eh terus dia bilang, “lah aku pengennya ngajak anakku”. Etdah nikah aja belum buukk ahahaha *okeskip. Ohiya btw ada satu kekurangan dari manajemennya yang menurut saya perlu dipikirkan ke depan: smoking area. Kaya sedih aja gitu, di tempat wisata yang pengunjung utamanya anak-anak, dan banyak hewan juga, eeh pada merokok dimana-mana :"( Kayanya untuk ke depannya perlu dibikin aturan khusus niih biar ga sembarangan gitu, paling enggak sediakan area khusus gitu kali yaa...hiks
Tentang Pinguin Jackass, dari Afrika
Ohiyaa (lagi wkwk)sebenernya hewan kesayangan saya (?) selama ini adalah singa, tapi entah kenapa kemarin tetiba jatuh cintrong sama pinguiiin :3 ya Allah dia lucu bangeeet syiiih beneraaan. Pinguin ternyata masuk ke kelas burung tapi yang gabisa terbang. Jadi habis dari Bird Park gitu, kita lewat di tempat Pinguin Jackass namanya, beneran dia imut banget ya Allaah :””) bisa kesit banget sampe saya motretnya heboh sendiri ngalahin anak kecil wkwk. Teruus, saya jadi inget cerita di Brazil yang ada seekor pinguin setiap tahun menempuh ribuan kilometer buat menemui seorang Kakek yang udah menyelamatkan hidupnya gitu, so sweet yaa :”) biasanya tau pinguin mah dari film kartun pinguin macem Madagascar wkwk. 

Pinguin :")
Dan pinguin adalah hewan yang setia, pantes aja yaa :””) dia marah dan pasti langsung berantem kalo anaknya ada yang ngambil atau dimangsa gitu. Dan, yang keren, tubuh pinguin itu mostly dua warna: putih di bagian dalam untuk melindungi mangsa dari dalam air waktu dia berenang, sedangkan warna gelap atau hitam untuk melindungi dari serangan mangsa dari atas atau darat, masyaaAllah yaaa :”) pokoknya love youuu pinguin pingin peluuukkk :”
Ini kita naik bebek-bebek-an yang dikayuh gitu lupa namanya hahaha heboh sendiri juga wkwk
Apalagi yaaa, pokoknya mah beneran seneng main kesiniii hehe. Dan asique-nya lagi, kita boleh bawa makanan pas masuk hehe jadi ga banyak jajan dan hemat :D menurut kemarin yang saya liat juga bakal ada beberapa spot baru seperti adanya SINGA dkk hehe tapi entah kapan :”) Ohiyaa selain pinguin yang menarik perhatian itu gajah huhu suka kasian gitu ga sih ngeliat gajah kaya udah sepuh (?) wkwk entah kenapa ada desiran (?) tersendiri kalo liat gajah :”) terus pas di Bird Park kita heboh sendiri ngeliatin dan berusaha capture burung Nuri yang lagi berduaan hahaha. Terus di akhir, kita heboh sendiri di wahana bebek di air (?) yang kita mancal sendiri itu wkwk.

Ini burung yang kita liatin terus wkwkwk
Pokoknya gitu, senaaang alhamdulillaah. Walaupun pulangnya tepar sampe besoknya :v ahaha (karena emang sebelumnya udah sakit siih wkwk). Tep yaa impian besar ke depan salah satunya punya tempat konservasi fauna (dan flora?) nanti kita cicil dulu beli tanahnya berhektar-hektar heu, aamiin, doakan gengs >.< segitu aja feature kita kali ini jalan-jalan ke Gembira Loka Zoo. Pan-kapan kita jalan-jalan lagi ke tempat yang lain, insyaaAllah. See ya!



(masih di) Yogyakarta,
16 Januari 2018

Andika Putri Firdausy

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Kiii kita kan belum maiiin bahkan belum berjumpa km udah pergi aja :'( semoga sukses disanaaa, barakallahufiik :')

      Hapus