Selasa, 12 September 2017

Domain Blog: Akhirnya “.com” !


Haloo teman-teman, assalamu’alaikum! Waah rasanya sudah lama sekali tidak menyapa :”) Selama ini baru bisa menyempatkan menulis di notes hape aja, hiks. Bismillah akan memulai dunia tulis-menulis lagi! :D

Okee, dimulai dari pertanyaan (?) pertama yaa..

*Kemana aja, Put?
Sebagai teman yang sudah lama tidak bersua, pasti kalau kita punya teman dan ‘menghilang’ dari peredaran karena sudah berbeda amanah di bagian bumi Allah yang lain, pastinya rindu-rindu gimana gitu sama masa muda (?) serta pertemanan dan persaudarannya kaan. Jadilah kalau ada kesempatan pasti saling bertanya kabar, sehat kah?, sibuk apa? dsb. Dan, sebagian besar teman yang bertanya ke saya dengan pertanyaan sibuk apa, Put? Pasti dijawab sibuk mencari kesibukan *sambil nyengir lebar* :D
Sibuk mencari kesibukan (?)
Hehe.. maafkan, tidak bermaksud tidak menjawab pertanyaan dengan baik dan benar, tetapi memang itulah adanya. Kalau dibilang sibuk, engga tuh, masih ada waktu buat scroll timeline :P tapi kalau dibilang nganggur, engga tapi ada juga yang dikerjain meski mungkin invisible (?). Jadi kumaha sih, Put sebenarnya? Jadi selama awal tahun setelah selesai urusan dengan scriptsweet memang ada beberapa urusan, kadang beruzlah juga escape dari Jogja meski ujung-ujungnya balik juga -.- Ya, sekarang saya (masih) available di Jogja, kok. Sampai waktu yang belum ditentukan (?) *tapi udah ditentuin Allah (:

Intinya mah, dimanapun kita berada semoga selalu sibuk dalam kebaikan *hiks note tomyself :”) Diniatkan baiklah semuanya, hingga lelahnya ga kerasa dan tercatat sebagai amal baik, biar ga sia-sia. Terus, saling doa aja yaa. Meski mungkin kita tak bersua dalam raga, semoga doa yang terpanjat menjadi pengikat persaudaraan kita. Doain supaya Putri... Doain yang terbaik ajadeh! :D *racetho, heu. But really, I do miss you gaisss :""")

***skip

Anywaaay, yang sejak tadi mau dibicarakan sebenarnya adalah...
Tadaaa ada yang sadar nggak sih ada yang berubah dari blog saya? Enggak...
Oke, baiklah.

Alhamdulillah sudah ada domain baruuu. *terharu* Sesungguhnya ini sudah wacana lama, tapi belum ada momen yang pas buat bener-bener merawat blog, hiks :” Sejarahnya, blog ini adalah blog kedua saya. Blog pertama sudah dihapus karena terlalu alay ‘berjiwa muda’,  banyak tjoerhat dan nama blognya ya, begitulah. Blog itu saya buat sejak SMP sekitar kelas dua atau tiga (?) lupa tepatnya kelas berapa. Nah, sedangkan blog ini, saya buat sejak tahun 2010, pas akhir kelas tiga mau SMA :))

Awalnya, saya mau membuat dengan nama: putritidur.blogspot.com. Sungguh bukan karena saya mau jadi puteri-puteri seperti di cerita dongeng. Tidak, saya tidak seanggun itu  >.< tapi karena murni saya suka tidur (?) wkwk :P Jadi ingat sewaktu kelas dua SMA, saya mengikuti seleksi lomba (OSN apa Sispres yaa, ya Allah lupa :( hiks) dan ada acara perkenalan gitu pas malam santai di hotel. Waktu itu kami diminta memperkenalkan nama, asal, dan hobi. Ada yang menyebutkan hobinya membaca, traveling, dll yang ketje deh, sedangkan pas giliran saya, jawaban saya adalah: tidur! Dan, seisi ruangan pada liat-liatan terus ketawa padahal saya sedang tidak melawak. Baiklah.

***skip (lagi)

Akhirnya saya membuat nama blog andikaputrii.blogspot.com yang isinya banyak curhatnya (?) tentang keseharian dan pengalaman yang semoga ada manfaatnya :” Sesungguhnya saya tipikal yang agak tertutup (?) kalau masalah tulisan. Entah, ngerasa ga pede aja gitu... Walaupun kalau udah cerita biasa secara lisan juga gabisa diberentiin siih.. (Haha, yang sering bareng pasti tau nih wkwk). That’s why lebih banyak tulisan dan cerita yang TBC (to be continued) alias belum selesai draftnya dan banyak juga yang kesimpan baik di laptop sama notes hape :”)

Naah, salah satu tujuan dari perubahan domain ini adalah untuk membuat kesepakatan supaya lebih serius menulis. Tulis aja, bagi aja, asal yang ditulis adalah kebaikan insyaaAllah tidak masalah. Curcol dikit juga ndakpapa asal ga sering-sering wkwk. Toh, meskipun yang ditulis kadang terkesan baper (?), belum tentu hal itu dialami sama penulisnya kaan? Bisa jadi malah hal yang dialami orang lain tapi bisa diambil pelajarannya :) Selain ituu, ketika kita menggunakan suatu domain, blog kita akan terlebih lebih classy, karena kita merawat dengan baik (karena domain itu bayar wkwk). Tapi tenaang, perawatannya sangat mudah dan murah, kok. Cuma sepuluh ribu sebulan, atuh sehari ga sampe 500, kaya beli permen aja :3 Sayang-sayang doong kalau engga dicoba kaan. Kalo blog kita lebih trusted kan jadi lebih profesional juga. Daaan, lebih gampang ngetiknya karena jadi lebih pendek alamatnya :D Gitu.

So here we come, from www.andikaputrii.blogspot.com à www.andikaputrii.com
Semoga istiqomah nulis dan sharing yaaa. Bismillah! ^^

Tutorial “Update” Domain Blog

Naah, setelah prolog yang agak panjang hehe.. sekarang saya mau menjelaskan bagaimana cara mengubah domain web tersebut. Sebenarnya ini sudah ada banyak siih di mbah gugel, saya juga belajar hasil dari gugling hihi :D but, let me describe it below yaaa ^^
Seperti yang tadi sudah saya bilang, mengganti domain itu gampaang banget. Tinggal ikuti step-step berikut aja. Cusss!

1. Mendaftarkan nama domain

Pertama, kita perlu mendaftarkan alamat blog kita ke penyedia domain. Ada banyaak banget penyedia domain sala duanya adalah rumahweb.com dan idwebhost.com, tetapi kemarin saya mendaftar di rumahweb.com.

Untuk mendaftar, teman-teman langsung masuk ke alamat https://order.rumahweb.com
Setelah itu, teman-teman bisa cek ketersediaan nama domain yang diinginkan. Misalnya punya saya seperti ini:

Ketersediaan dan harga berbeda-beda sesuai domain yang diingkan oleh teman-teman. Saya waktu itu memilih “.com” karena lebih populer dan simpel dibanding .fashion atau .shop wkwk. Sebenarnya selain .com yang banyak pengguna juga .id (untuk Indonesia, atau misa .de untuk Jerman, .se untuk Swedia, .uk untuk Inggris, dst).

Selain mendaftarkan nama domain, teman-teman juga bisa mengecek riwayat alamat tersebut disini: https://whois.domaintools.com yang katanya bisa mendeteksi riwayat penggunaan domain sebelumnya. Mungkin ini sebagai bentuk antisipasi sih yaa, terutama untuk alamat-alamat web yang pasaran (?) atau terlalu umum gitu, misal dormant atau bermasalah sebelumnya gitu. Alhamdulillah punya saya aman-aman saja :D


Selanjutnya, teman-teman menlanjutkan proses pendaftaran domain dengan konfirmasi pemesanan dan pembayaran. Bagi teman-teman yang sudah memiliki akun, akan langsung diarahkan ke metode pembayaran. Bagi teman-teman yang belum memiliki akun, bisa langsung mengisi data singkat dan alamat email untuk verifikasi domain.



Naah, setelah sukses memesan, teman-teman tinggal membayar dan menunggu konfirmasi di email. Kemudian, selamat, domain sudah menjadi milik teman-teman!


2. Memasang domain di blog

Setelah berhasil mendapatkan domain yang diingnkan, langkah selanjutnya adalah memasang domain tersebut di blog teman-teman supaya bisa digunakan.
Nah sekarang, silakan login ke akun blognya dulu yaaa...

Kemudian pilih menu Setelan à Dasar, lalu klik bagian + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda


Kemudian, sila ketik dan masukkan nama domain yang baru dengan menuliskan “www” (misal: www.andikaputrii.com). Lalu Simpan.

Seteah itu, akan muncul peringatan Kesalahan dari blogger. Artinya, kita harus mengkonfigurasikan pengaturan baru kita ke domain yang sudah kita beli sebelumnya. Sekarang sila dicatat  2 DNS Record yang ada disitu untuk mengatur DNS domain. Jangan ditutup yaa halamannya.

Selanjutnya, teman-teman login ke web tempat beli domain tadi: http://clientzone.rumahweb.com untuk memasang DNS domainnya. Klik Domain à List Domain Saya.

Pilih domain yang akan diatur (punya saya masih satu hehe) lalu klik di bagian Kelola Domain.

Kemudian, klik Manage DNS à Start.

Klik Update (jika muncul), kemudian klik Add New Record kemudian masukkan pengaturan DNS Domain dari blogger sebelumnya.
www                     ghs.google.com
exfuocjscq6s      gv-2pwlcdz7oljkpt.dv.googlehosted.com

\
Lalu, tambahkan DNS record seperti berikut:

Selanjutnya, juga tambahkan DNS records dengan IP atau Hostname berikut. (Domain tetap kosong, TTL 14000 dan Record Type A sama)
1. 216.239.34.21
2. 216.239.36.21
3. 216.239.38.21


Selanjutnya, teman-teman bisa kembali ke halaman Setelan Blogger, kemudian klik Simpan. Domain sudah terpasang (:

Kemudian, supaya blog teman-teman bisa diakses tanpa menulis “www” bisa tinggal centang di bagian Alihkan tersebut.

Tadaaa, domainnya sudah siap! ^^

*Anyway, saya dapat info ini salah satunya dari web mas Sugeng yang lengkaap banget! TERNYATA ada semacam tutorial juga buat blogger pemula. Recommended!!! Sila diublek-ublek yaa web mas-nya karena saya juga masih pemula hihi :D
**PR terdekat: ublek-ublek template blog hehe

Naah begitu sekiranya welcoming back (again) di blog, semoga bisa lebih aktif nulis yang bermanfaat dan sering bagi-bagi di blog hehe. See ya in the next post(s)! xoxo


Love,


Andika Putri Firdausy

3 komentar: