Selasa, 08 Maret 2011

LOSIPRAM XIV - 2011 ♥




Sekilas tentang LOSIPRAM:

LOSIPRAM XIV
REGIONAL JAWA TIMUR

Lomba Prestasi Kepramukaan XIV disingkat LOSIPRAM XIV merupakan suatu ajang bergengsi bagi pramuka golongan penegak (SMA dan sederajat) diwilayah Regional Jawa Timur untuk berkompetisi dan berkreasi, yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Pangkalan Universitas Brawijaya.

Lomba Prestasi Kepramukaan (LOSIPRAM)XIV Regional Jawa Timur tahun 2011 ini berbentuk perkemahan yang didalamnya diadakan perlombaan keterampilan, ketangkasan dan kecerdasan serta pemberian materi kepada anggota Gerakan Pramuka Penegak Regional. Jenis- jenis lomba dan non lomba tersebut meliputi :

a). LOMBA
1. LINMED (LINTAS MEDAN)
2. CTP ( CERDAS TANGKAS PRAMUKA )
3. POSTER
4. TTG (TEKNOLOGI TEPAT GUNA
5. PIONEERING
6. PENTAS SENI
7. LOMBA SURVIVAL
8. LOMBA FOTO JURNAL
9. KREASI MENU
10. LOMBA PUISI
11. Tata Laksana Tenda


b). NON LOMBA

1. Anjungan Kewirausahaan
2. Kursus Fotografi
3. Jungle Survival & Snake Hunt Course
4. Workshop Kesehatan Reproduksi Remaja
5. Kegiatan Penghijauan
6. Outbond
7. Materi Ilmu Medan dan Kompas (IMPK)
8. Materi Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD)
9. Pendidikan Pendahuluan Bela Negara
10. Dialog Kepramukaan
11. Mountaineering
12. Forum Pembina
13. Fun Target Shooting (untuk pembina)
14. Pemutaran Film Pendidikan

Kegitan ini diselengarakan :

Hari : Rabu - Minggu
Tanggal : 23 – 27 Februari 2011
Tempat : Wana Wisata Coban Rondo, Kec. Pujon, Kabupaten Malang

Peserta :
- Pramuka SMA/SMK/MAN dan sederajat Regional jawa Timur
- Kepanduan Tambahan ( SAKA ) yang ada di Jawa TImur
- Peserta partisifatif ( tambahan ) non Jawa Timur

Dengan ketentuan :
- Setiap sangga max 10 orang peserta ( satuan terpisah )
- Setiap sangga di dampingi 1 pembina ( tidak wajib )
- Setiap pangkalan berhak mengirimkan lebih dari satu sangga / regu

Tema Kegiatan :
" Dengan Pramuka, Bangkitkan Kembali Tunas Harapan Bangsa"

Motto Kegiatan :
" Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Bangkitkan"

http://scoutaddictindo.blogspot.com/2011/02/losipram-xiv-2011.html


oke, sekarang waktunya membahas LOSIPRAM yang telah diikuti oleh sekolahku, SMAN 1 Bangil =)
sekolahku mengirim 4 sangga pada lomba kali ini, 1 sangga putra dan 3 sangga putri. per sangganya terdiri dari @10 siswa, jadi kami berjumlah 40 orang. dalam lomba kali ini, kami dibimbing oleh kak Zam dan alumni2 yang lain (kak nu'man, kak yahya, kak wahyu rey, kak ikhwan, kak saud, kak huda, kak ida, dll) dan  saat disana kami juga didampingi oleh pak Wahyudi yang merangkap sebagai juru masak !! (menu hari ini apa yaaa? heheheh), dan. . .
kita berangkat tanggal 23 Februari sekitar jam 11 (padahal ngumpulnya dari jam 7 pagi). berangkat ber-40 naik truk ! (khusus berangkat, ada 8 anak yang naik mobil sekolah, termasuk aku hehehe). nyampe di CB (Coban Rondo) sekitar jam 13.30an, kita langsung bongkar barang-barang dan pasang tenda.adaa aja kejadian yang agak menggelikan dan menjengkelkan.! banyak barang yang ketinggalan juga. bukannya berpikiran negatif, tapi antisipasi aja, belum-belum perasaanku gak enak. tapi aku berusaha biasa saja, berdoa agar tak terjadi apa-apa. besok pertarungan dimulai !!
Kamis, 24 Februari 2011. hari pertama LOSIPRAM. pembukaan dijadwalkan jam 7 pagi tapi aku tidak mengikuti acara tsb karena setelah itu aku ada lomba pertama, pembina kami mengizinkanku dan beberapa teman yang akan mengikuti lomba pertama untuk tidak mengikuti upacara pembukaan, melainkan mempersiapkan untuk lomba kami. jadwal hari pertama ada lomba CTP, pioneering dan materi foto jurnal. sekitar jam 9 kami sudah siap bertanding di tempat masing-masing. tak lupa ritual berdoa bersama sebelum bertempur. aku, chum dan indah sudah siap di tempat (tenda giat putri) untuk CTP tahap 1. setelah 1 jam, kami keluar. hanya bisa berdoa ... sekitar jam 1 peserta yang masuk ke semifinal diumumkan. alhamdulillah, kami masuk 9 besar. kebetulan, hanya sangga putri 1 yang masuk semifinal.babak semifinal dilangsungkan siang itu juga. deg!
tetereteteeeet~ kami bertiga nderedeg pol polan ! lol. jadi yaaaaa, kami hanya bisa di urutan kedua untuk semifinal :( sempet kecewa siih, tp yaa emg kita agak kurang di pengetahuan kepramukaannya. keep spirit yeah =)
lomba keduaku, LINTAS MEDAN :D
seperti namanya, keliling naik-turun gunung !! seru sih tapii.. walau sempet kepreset juga. tapi seru seru seruuu !! tapi sempat ada peristiwa yang 'mangkelno'. lintas medan dibagi jadi 5 pos. waktu kita udah nyampe di pos terakhir, PPGD, ehh ada kabar kita disuruh balik lagi ke pos 3 yang jauhnyaaaaa minta ampun dari pos 5 !! bisa bayangin kan gimana capeknya ? mulai jam 8 nunggu terus jalan mulai jam 9an lebih sampe jam 2an lebih, ehh suruh balik lagi tanpa alasan jelas ! hellloo. . . tapi akhirnya kita balik juga, dengan agak sedikit gak ikhlas. kita jalan sambil ber-geje2an gt lah saking capeknya. pos 3 adalah pos menembak. dan ternyata, kita disuruh balik karna kita dapat nilai yang cukup MENGESANKAN sebelumnya. wew, tapi berhubung kita sudah capek, jadi yaaaa nilainya mefet2 saja dengan yang 'mengesankan' tadi ! ckckck dan yang lebih mengesalkan, waktu kita udah selesai menyelesaikan tud=gas di pos 3 untuk kedua kalinya, kita mau balik ke tenda, sebenernya aku udah ngerasa ada jalan yang bener, tapi berhubung yang lain masih gak percaya, akhirnya nanya sama mas2 dan mbak2 jurinya, daaann kita NURUT ! tapi apa, kita diputer2no caaakk -,- mangkeli :o but at least, keren laa~
lomba ketigaku, PENTAS SENI =))
kebetulan, sanggaku menampilkan drama tentang legenda Sumur Gemuling, asli dari Bangil looohh =) sempet nderedeg gila juga pas tampil, aku jadi orang gila siiih :D tapi seruuuu !! berkat bimbingan kakak pembina (kak ikhwan, kak rey, dll), alhamdulillah sanggaku urutan no 4 meski gak bisa jadi juara per mata lomba. tapi aku sueneeenng karna insyaAllah udah all out :)
lomba-lomba yang lain yang gak kuikuti, mungkin gak seberapa ngerti.jadi yaa inilah hasil sementaranya ::
Juara 1 Lomba Poster Putri (sanggaku)
Juara 2 Lomba Poster Putra
Juara 3 Lomba Poster Putri
Juara 1 Lomba Puisi Putri
Juara 3 Lomba Survival Putrasetelah melalu hari yang panjaaang dan melelahkan, sampailah kami pada hari terakhir, minggu 27 februari 2011, hari penentuan ! kami sempat pesimis, terutama aku dan anggota sanggaku, karna kami baru meraih 1 juara. dan, dalam lomba kali ini, kami benar2 diuji mental ! adaaaa aja sesuatu yang rasanya membuat sekolah kami merasa tak dianggap ! sabar, sabaar, hanya sabar ! dan .... upacara penutupan :
kami semua benar2 PESIMIS waktu itu ! bayangkan saja, hampir setiap sekolah kami maju, adaa saja gangguannya. mulai dari pas pensi mati2 lah, apa lah, ada aja deh pokoknya ! emang bener, semakin tinggi pohon, semakin kencang angin.. hehehe tapi akhirnyaa...
JUARA 2 PUTRI, diraih oleh... KAVLING 23 !!! *what? apa? itu kan? waaaaaaa.. Allah, Subhanallah, Allahuakbar !! semua bersorak-sorai gembira ! kami benar2 tidak menyangka ! dan, kegembiraan itu belum berhenti sampai disitu..
JUARA 2 PUTRA, diraih oleh.. SMA N 1 BANGIL !!! *Allah.. Allahuakbar...
semua bersoraakk !! hooooooo
dan yang terakhir, JUARA UMUM diraih oleh ... jengjengjeeengg SMA N 1 BANGIL !!!!!
ya Allah, Allahuakbar. nangis, sujud syukur, berpelukan, semua ! karna memang, YANG USWAH YANG MENANG ! Allahuakbar !
terima kasih ya Allah,
terima kasih ayah ibu,
terima kasih kakak-kakak,
terima kasih teman-teman,
terima kasih semuanyaaaaa ♥

=)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar